Rabu, 02 Juni 2010

Control Winsock pada Visual Basic

Control Winsock




Control Winsock adalah control yang sering digunakan dalam pemrograman jaringan. Winsock ini bersifat dua arah. Dengan bantuan control ini, program bisa berfungsi sebagai client yang melakukan koneksi ke server di komputer tujuan, dan bisa juga menjadi server yang menerima koneksi dari banyak komputer. Properti-properti penting Winsock antara lain :
a. Protocol
Properti protocol mengatur bagaimana komunikasi yang akan dilakukan antara program dengan computer tujuan. Terdapat dua jenis protocol, yaitu protocol TCP dan UDP.
b. RemoteHost
Properti RemoteHost adalah alamat IP komputer tujuan.
c. RemotePort
Properti RemotePort adalah port di komputer tujuan. Adanya properti ini memungkinkan Winsock untuk mengakses beragam layanan TCP/IP.
d. LocalPort
Properti LocalPort berguna terutama untuk membuat program server. Sebuah program server umumnya membuka koneksi di port tertentu. Dengan mengeset property LocalPort, maka program yangdibuat akan menunggu masuknya koneksi dari luar.
Event-event yang dimiliki control Winsock adalah (Viva, 2008) :
a. Connect
Event Connect terjadi saat Winsock membuka koneksi ke komputer tujuan yang ada dalam properti RemoteHost.
b. ConnectionRequest
Event ConnectionRequest terjadi saat Winsock menerima koneksi yang masuk ke computer tujuan, khususnya pada port yang diset pada property LocalPort.
c. DataArrival
Event DataArrival terjadi saat Winsock menerima paket data dari computer lain. Event ini adalah inti dari proses komunikasi jaringan.
d. Close
Event Close terjadi saat Winsock menutup koneksi. Event ini penting supaya pada saat penutupan koneksi, program bisa melepas resource-resource yang sudah tidak diperlukan.

Transmission control protocol (TCP) adalah protocol pada layer transport dari stack jaringan TCP/IP. TCP memecah stream byte yang kontinu menjadi segmen-segmen dan mengirimkannya sebagai frame IP.
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data computer di internet. Computer-komputer yang terhubung ke internet berkomunikasi dengan protokol ini. Karena menggunakan bahasa yang sama, yaitu TCP/IP, perbedaan jenis computer dan system operasi menjadi tidak masalah.

3 komentar:

  1. terima kasih bro,,,, sangat membantu.

    BalasHapus
  2. like this,... terima kasih!

    ^_^ [odha]

    BalasHapus
  3. bisa gk winsok mengirim data melalui internet?
    dgn aplikasi vb.

    komputer A terkoneksi dgn komputer B melalui jaringan internet

    BalasHapus