Kamis, 17 Juni 2010

Konfigurasi Wiznet Wiz110sr

WIZ110SR adalah gateway modul yang mengkonversi protokol RS-232 ke TCP / IP protokol. Ini memungkinkan jauh mengukur, mengelola dan mengendalikan perangkat melalui jaringan berbasis pada Ethernet dan TCP / IP dengan menghubungkan ke peralatan yang ada dengan serial RS-232 interface. Dengan kata lain, WIZ110SR merupakan sebuah protokol konverter yang mentransmisikan data yang dikirim dengan serial peralatan sebagai TCP / IP tipe data dan mengkonversi kembali TCP / IP data yang diterima melalui jaringan ke data serial untuk mengirimkan kembali ke peralatan.



1.1. Fitur Utama
- Koneksi langsung ke Serial Device
Jaringan Menambahkan Cukup dan CepatFungsi
Menyediakan Firmware Customization
- Sistem Stabilitas dan Keandalan dengan menggunakan W5100 Hardware Chip
- Supports PPPoE Connection
- Mendukung Serial Konfigurasi - dengan perintah Sederhana dan Mudah
- Mendukung Password untuk Keamanan
- Configuration Tool Program
- 10/100 Ethernet dan max 230Kbps Interface Serial Interface
- RoHS Compliant

1.2. Spesifikasi ITEM Keterangan
MCU
8.051 compliant (memiliki 62K internal Flash, 16K SRAM, 2K EEPROM)
TCP / IP
W5100 (Ethernet MAC & PHY Tertanam)
Protokol
TCP, UDP, IP, ARP, ICMP, MAC, DHCP, PPPoE, DNS
Network Interface
10/100 Mbps (Auto detection), RJ-45 Connector
Serial Interface
RS232 (DB9)
Serial Sinyal
TXD, RXD, RTS, CTS, GND
Serial Parameter
Paritas: Tidak ada, Genap, Ganjil
Data Bits: 7,8
Flow Control: None, RTS / CTS, XON / XOFF
Speed: up to 230Kbps


Input Tegangan
DC 5V
Power Consumption
Bawah 180mA
Suhu
C (Operasi), C ~ 80 0 C (Storage) C ~ 85 -40
Kelembaban
10 ~ 90%



1.3. Produk Isi

WIZ110SR Board
CD (Opsional / termasuk Konfigurasi Program Tool, Firmware dan Manual)
LAN Cable (Optional)
5V Power Adaptor (Opsional


Produk Isi
☞ Jika ada barang hilang, hubungi ke toko tempat Anda membeli.
☞ item opsional harus dibeli secara terpisah.



2. WIZ110SR Board
2.1. Block Diagram


WIZ110SR merupakan sebuah protokol konverter yang mentransmisikan data yang dikirim dengan serial Ethernet dan peralatan untuk mengkonversi kembali TCP / IP data yang diterima melalui jaringan ke data serial untuk mengirimkan kembali ke peralatan. Ketika data diterima dari port serial, itu dikirim ke W5100 oleh MCU. Jika ada data yang dikirim dari Ethernet, adalah diterima penyangga internal W5100, dan dikirim ke port serial oleh MCU. MCU di kontrol modul data konfigurasi sesuai dengan nilai yang ditetapkan pengguna.

2.2. Configuration Tool
2.2.1. Konfigurasi Jaringan

Configuration Tool (Network Config)
Ⓐ Versi: Menampilkan versi firmware. Anda dapat menggunakan PPPoE, Serial Komando, Sandi fungsi dari firmware Ver.2.5.
Serial ⓑ Aktifkan Debug Mode: Jika mode ini dicentang, Anda dapat memonitor status dan pesan soket WIZ110SR (mendengarkan OK, sambungkan gagal dll) melalui terminal serial. Jika Debug mode aktif, pesan debug dapat menyebabkan pengoperasian normal perangkat serial. Oleh karena itu, hanya menggunakan mode ini hanya untuk Debug mode.
Ⓒ Board List: Jika Anda mengklik tombol "Cari", semua alamat MAC pada subnet yang sama, akan ditampilkan.


Ⓓ IP Konfigurasi Metode: Pilih modus pengaturan IP, Anda dapat memilih di antara Static, DHCP, PPPoE modus.
Statis: "Statis" adalah pilihan untuk menetapkan WIZ110SR dengan alamat IP statis. Pertama pilih alamat MAC yang Anda ingin mengaturnya sebagai IP statis dalam "daftar papan". Lalu, yang "Lokal IP, Subnet, Gateway kotak diaktifkan. Input Static IP address dan klik "setting" tombol. Kemudian IP adalah ditetapkan sebagai yang Anda inginkan. (PPPoE ID, kotak Password akan dinonaktifkan) DHCP: Tetapkan pilihan ini untuk menggunakan DHCP mode. Pertama, cek "DHCP" dan klik "Setting" tombol. Jika alamat IP berhasil diperoleh dari server DHCP, alamat MAC akan ditampilkan pada daftar papan. (Butuh beberapa waktu untuk mendapatkan alamat IP dari server DHCP) Ketika sebuah modul di dalam daftar papan dipilih, alamat IP, Subnet mask dan Gateway akan ditampilkan. Jika modul jaringan tidak bisa memperoleh informasi dari server DHCP, alamat IP, Gateway Address dan Subnet mask akan diinisialisasi ke 0.0.0.0. PPPoE: WIZ110SR mendukung PPPoE untuk pengguna ADSL. Ketika Anda memilih PPPoE di "IP Configuration Metode" PPPoE kotak ID dan Password akan diaktifkan. 1. Untuk mengatur PPPoE, hubungkan PC ke WIZ110SR langsung dan melaksanakan program Configuration Tool pada PC. (Configuration Tool harus versi 2.1 atau di atas) 2. Pilih "PPPoE" dari "IP Configuration Metode" tab dan masukan ID & Password. 3. Klik "setting" tombol untuk menerapkannya. 4. Hubungkan Module to ADSL Line. 5. Jika "Aktifkan Mode Debug Serial" dipilih, Anda dapat melihat status akses PPPoE melalui konsol serial.

Ⓔ Lokal IP / Port: WIZ110SR "s alamat IP dan nomor Port untuk koneksi jaringan ☞ Pastikan untuk memasukkan informasi jaringan yang benar. Jika Anda salah memasukkan alamat IP, itu dapat menyebabkan tabrakan jaringan atau mal-fungsi.
Ⓕ Subnet: WIZ110SR "s subnet mask ⓖ Gateway: WIZ110SR" s alamat Gateway ⓗ PPPoE ID / Password: Jika Anda memilih "PPPoE" mode, masukan ID / Password yang Anda terima dari perusahaan ISP. Ⓘ Server IP / Port: Ketika WIZ110SR tersebut ditetapkan sebagai "Klien mode" atau Mixed mode ", server IP dan port harus ditetapkan. WIZ110SR mencoba untuk menghubungkan alamat IP ini.
Modus jaringan ⓙ:
klien / server / campuran: Ini adalah untuk memilih metode komunikasi yang didasarkan pada TCP. TCP merupakan protokol untuk menetapkan sambungan sebelum data komunikasi, tetapi UDP hanya proses komunikasi data tanpa pembentukan sambungan. Mode Jaringan WIZ110SR dapat dibagi menjadi TCP Server, TCP Client dan modus Campuran sambungan sesuai dengan metode membangun. Pada modus server TCP, WIZ110SR beroperasi sebagai server pada proses koneksi, dan menunggu sidang sambungan dari klien. WIZ110SR beroperasi sebagai klien pada Client TCP modus pada proses koneksi, dan mencoba untuk menyambung ke server IP dan Port. Mixed mode mendukung kedua dari Server dan Client. Proses komunikasi dari masing-masing mode adalah sebagai di bawah ini.

Gambar 4. TCP Server Mode
Pada modus Server TCP, WIZ110SR menunggu permintaan sambungan.

TCP Server modus ini dapat bermanfaat bila pusat pemantauan mencoba terhubung ke perangkat (di mana WIZ110SR diinstal) untuk memeriksa status atau memberikan perintah. Dalam waktu normal WIZ110SR adalah pada status menunggu, dan jika ada permintaan sambungan (SYN) dari pusat pemantauan, sambungan dibuat (DIRIKAN), dan komunikasi data diproses (Data Transaksi). Akhirnya sambungan ditutup (FIN). Agar dapat bekerja dengan modus ini, Lokal IP, Subnet, Gateway Alamat dan Lokal Port Number harus dikonfigurasi terlebih dahulu. Seperti diilustrasikan dalam gambar di atas, pengiriman data hasil sebagai berikut, 1. Host terhubung ke yang WIZ110SR TCP Server dikonfigurasi sebagai modus. 2. Sebagai sambungan dibuat, data dapat dikirim dalam kedua arah - dari host ke WIZ110SR, dan dari WIZ110SR ke host

2 komentar:

  1. gambarnya mana gan??
    http://mekatronika-corner.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. thanks infonya cukup bermanfaat
    sayang jarang update

    BalasHapus