Jumat, 11 Juni 2010

Display LCD PC1601A

PC1601 adalah modul display LCD dot matrix dengan konfigurasi 16 karakter dalam satu baris. Setip karakter dibentuk oleh 8 baris pixel dan 5 kolom pixel (baris terakhir pixel adalah kursor). Gambar 2.16 menunjukkan hubungan antara layer LCD dengan dengan HD44780 yang merupakan mikrokontroler pengendali LCD. HD44780 buatan Hitachi ini sudah tertanam pada modul PC1601A ini. Modul LCD PC1601A memiliki beberapa jenis memori yang digunakan untuk menyimpan atau memproses data-data yang akan ditampilkan pada layer LCD. Setiap jenis memori mempunyai fungsi tersendiri.
DDRAM adalah memori tempat karakter yang ditampilkan berada. Contohnya karakter ‘A’ atai 41h yang ditulis pada alamat 00 akan tampil pada baris pertama dan kolom pertama dari LCD. Apabila karakter tersebut ditulis pada alamat 40h, karakter tersebut akan tampil pada baris kanan dari LCD
CGRAM adalah memori untuk menggambarkan pola sebuah karakter dan bentuk karakter dapat diubah-ubah sesuai keinginan. Akan tetapi isi memori ini akan hilang saat power supply dimatikan, sehingga pola karakter akan hilang.
CGROM adalah memori untuk menggambarkan pola sebuah karater dan pola tersebut sudah ditentukan secara permanent dari HD44780 sehingga pengguna tidak dapat mengubahnya. Oleh karena ROM bersifat permanen, pola karakter tersebut tidak akan hilang walau catu daya dimatikan.
Gambar 2.16 menunjukkan pola-pola karakter yang tersimpan dalam lokasi-lokasi tertentu dalam CGROM. Saat HD44780akan menampilkan data 41h yang tersimpan pada DDRAM, HD44780 akan mengambil data di alamat 41h yang ada pada CGROM, yaitu pola karakter ’A’. Alamat karakter pada CGROM serupa dengan kode ASCII.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar