Rabu, 02 Juni 2010

Tutorial Visual Basic

Visual Basic



Visual BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat suatu aplikasi dalam Microsoft Windows. Visual BASIC menggunakan metode Graphical User Interface (GUI) dalam pembuatan program aplikasi (project). Istilah visual mengacu pada metode pembuatan tampilan program (Interface) atau objek pemrograman yang biasa dilakukan secara langsung terlihat oleh programmer. Dalam Visual BASIC, pembuatan program aplikasi harus dikerjakan dalam sebuah project. Sebuah Project dapat terdiri dari File Project (.vbp), File Form (.frm), File data binary (.frx), Modul Class (.cls), Modul Standar (.bas), dan file resource tunggal (.res). Bahasa yang digunakan adalah bahasa BASIC yang sangat popular pada era sistem operasi DOS.
Komponen – Komponen pada Visual BASIC adalah sebagai berikut :
a. Menu Bar
Menampilkan daftar menu yang berisi daftar perintah-perintah yang dapat digunakan saat bekerja pada Visual BASIC. Terdiri dari menu File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Window dan Help.
b. Toolbar
Digunakan untuk mengakses perintah-perintah dalam menu yang sering dipakai secara cepat.
c. Toolbox
Merupakan daftar komponen-komponen yang dapat digunakan untuk mendesain tampilan program aplikasi yang akan dibuat.
d. Project Explorer
Menampilkan daftar form dan module yang ada dalam project yang sedang aktif.
e. Property Window
Digunakan untuk mengatur properti dari komponen-komponen yang sedang diaktifkan.Property merupakan karakteristik dari sebuah objek.
f. Form Designer
Merupakan jendela yang digunakan untuk melakukan perancangan tampilan dari aplikasi yang akan dibuat.
g. Code Window
Merupakan jendela yang digunakan untuk menuliskan kode program.
h. Form
Pada pemrograman Visual BASIC, form digunakan sebagai komponen utama untuk mendesain tampilan program

Pada pemrograman visual, pemrograman dilakukan dengan menggunakan komponen-komponen yang tersedia pada toolbox. Komponen yang termasuk dalam toolbox standard windows antara lain:
a. Label
Digunakan untuk menambahkan teks pada saat perancangan form.
b. Text box
Digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan input data dari user (pengguna) dengan mengetikkan teks atau angka pada text box.
c. Command Button
Digunakan untuk menambahkan tombol pada perancangan form.
d. Check Box
Digunakan untuk mendapatkan masukan dari user berupa pilihan dari item-item yang tersedia. User dapat memilih satu, beberapa atau mungkin semua item yang tersedia.
e. Option Button
Digunakan untuk mendapatkan masukan dari user berupa pilihan dari item-item yang tersedia. User hanya dapat memilih satu dari beberapa pilihan yang tersedia.
f. Combo Box
Digunakan untuk menampilkan pilihan item-item. Untuk memilih item user dapat mengetikkan pilihan atau memilih dari daftar yang tersedia.
g. List Box
Digunakan untuk menampilkan daftar pilihan bagi user. User dapat memilih satu pilihan dari daftar pilihan yang tersedia.

Variabel, Tipe Data dan Operator
1. Variabel
Variabel adalah nama atau simbol yang digunakan untuk mewakili suatu nilai. Suatu variable mempunyai nama dan menyimpan tipe data yang merupakan jenis data variabel. Ketika seorang user (pengguna) menggunakan sebuah program komputer, seringkali computer memintanya untuk memberikan informasi. Informasi ini kemudian disimpan atau diolah oleh komputer. Informasi inilah yang disebut dengan DATA.
Aturan penamaan variabel adalah sebagai berikut:

•Harus dimulai dengan sebuah huruf
•Tidak lebih dari 255 karakter
•Tidak boleh sama dengan nama statement, fungsi, metode, objek, dan sebagainya yang merupakan bahasa dari Visual BASIC.
•Tidak boleh ada spasi, tanda titik(.), tanda seru(!), atau karakter @, &, $, dan #. Deklarasi variabel dapat dituliskan dengan urutan sebagai berikut:

Public As
Atau
Dim As

Tidak ada komentar:

Posting Komentar